Sunday 29 March 2015

7 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Juga Kecantikan

Tips Sehat Gratis - Buah melon bukan hanya enak dimakan sebagai penutup makanan ataupun jus buah, namun berbagai manfaat kesehatan dapat diperoleh dengan konsumsi buah ini. Banyak penyakit berbahaya yang dapat dicegah oleh zat penting yang terdapat di dalamnya. Manfaat melon yang terkenal adalah untuk mencegah serangan jantung dan kanker.



7 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Juga kecantikan


Berikut beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh dan sebagai penangkal berbagai penyakit lainnya.

1. Mencegah kanker

Buah melon merupakan salah satu buah yang punya kemampuan untuk mencegah kanker. Pigmen pemberi warna yang disebut karotenoid pada buah ini berpotensi untuk melawan serangan kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker payubara.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Zat betakaroten yang berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya penglihatan, serta meningkatkan kesehatan mata. Betakaroten diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki fungsi mata.

3. Melawan radikal bebas yang membahayakan tubuh

Antioksidan flavonoid seperti lutein, betakaroten, cryptoxanthin dan zea-xanthin banyak terdapat pada buah ini. Semua zat itu berperan untuk membantu memberi perlindungan terhadap sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Manfaatnya termasuk melindungi dari risiko kanker prostat, usus besar, endometrium, pankreas dan paru-paru.

4. Mencegah stroke

Buah melon mengandung kalium, elektrolit penting untuk tubuh. Kalium berfungsi untuk membantu detak jantung dan tekanan darah agar tetap normal. Hal ini berarti juga mencegah stroke dan penyakit jantung.

5. Meredakan rasa mulas

Mulas dapat muncul sebagai akibat konsumsi jenis makanan tertentu. Melon kaya kandungan air sehingga memberi efek menenangkan perut. Melon sangat berguna untuk meredakan mulas dan penyakit maag.

Manfaat Melon Untuk Kecantikan

6. Mengencangkan kulit

Buah melon juga memiliki kandungan kolagen, merupakan senyawa protein yang memperbaiki struktur sel di sekuruh jaringan kulit. Kolagen juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka dan menjadikan kulit kencang. Makan melon secara teratur dapat membuat kulit lebih halus dan mencegah kulit kering.

7. Menurunkan berat badan

Melon termasuk buah dengan kandungan sodium rendah, bebas kolesterol, tanpa lemak dan rendah kalori. Melon dapat menyebabkan kenyang lebih lama disebabkan tingginya kandungan air.

Jadi, mulai sekarang anda seharusnya menyediakan buah melon di rumah. Jadikan buah ini sebagai cemilan di malam hari, sebagai pengganti snack. Buah ini juga baik dikonsumsi dalam bentuk jus.

Sumber gambar: telegraph.co.uk
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment