Tuesday 31 March 2015

7 Manfaat Buah Markisa Untuk Pengobatan Alami

Tips Sehat Gratis - Buah markisa terdengar sangat melegenda. Buah ini sangat familiar dengan kecantikan kulit, serta baik untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit. Buah markisa sering diminum sebagai minuman es, karena segar dan manis. Buah ini memiliki segudang manfaat kesehatan, yang tidak kalah dibandingkan dengan Manfaat Buah Delima Merah



Kandungan Gizi Markisa

Buah markisa kaya akan gizi seperti niasin, karoten, asam nitrat, kalsium, zat besi dan fosfor. Manfaat gizi tersebut antara lain:

- Protein dan serat

Di dalam secangkir markisa terdapat sekitar 5 gram protein dan 24,5 gram serat.

- Karatenoid

Vitamin A dapat ditemukan pada secangkir buah markisa yang memenuhi 25% asupan harian yang ideal. Ini berguna untuk meningkatkan penglihatan, serta menyehatkan kulit. Markisa mengandung karotenoid yang beragam seperti alpha, beta dan zeta karoten, serta lycopene.

- Antioksidan

Markisa mengandung banyak vitamin C, sebagai antioksidan yang menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas, menghambat penuaan dan menjaga imunitas tubuh.

- Zat besi

Buah Markisa juga kaya zat besi. Secangkir markisa mentah mengandung sekitar 4 miligram zat besi. Buah yang sangat disukai oleh para vegetarian.

7 Manfaat markisa untuk pengobatan alami


1. Menjaga tekanan darah

Markisa memenuhi sekitar 1/4 kebutuhan tubuh akan kalium, yang merupakan mineral penting yang berfungsi sebagai vasodilator, menenangkan pembuluh darah, meningkatkan peredaran darah, menyeimbangkan cairan sel-sel tubuh.

2. Menyehatkan mata

Vitamin A berperan dalam kesehatan mata, juga mencegah degenerasi makula, kebutaan dan katarak. Di samping antioksidan yang dapat mencegah kulit keriput, vitamin A juga turut serta menunjang kesehatan tubuh dan kulit. Sehingga kulit menjadi bersinar dan lembab. Buah markisa dapat anda pilih, untuk memenuhi asupan vitamin A khususnya bagi anda yang kurang menyukai wortel

3. Sehat bagi sistem pencernaan

Serat merupakan zat yang bermanfaat bagi sistem pencernaan tubuh dan mencegah sembelit. Markisa adalah sumber serat larut dan bermanfaat sebagai pencahar alami.

4. Meningkatkan Daya tahan Tubuh

Manfaat buah markisa untuk menaikkan kekebalan tubuh terkait dengan vitamin C, cryptoxanthin dan karoten yang dikandungnya. Vitamin C meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih dan pertahanan kekebalan tubuh. Vitamin ini juga melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit umum.

5. Mengobati asma

Zat histamin di dalam buah ini dapat mengobati asma, sehingga bisa anda gunakan sebagai alternatif obat asma.

6. Mencegah kanker

Markisa juga memiliki sifat anti karsinogenik. Antioksidan di dalamnya punya potensi untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Di samping itu, terdapat vitamin A, flavonoid, dan fenolik, yang memiliki sifat anti-kanker, khususnya kanker mulut dan kanker paru-paru.

7. Memperkuat tulang dan gigi

Markisa kaya akan betakaroten yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi, serta memperbaiki jaringan tubuh, menurunkan resiko penyakit artritis, penyakit Parkinson, penyakit crhon, serta mencegah depresi.
Demikian beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh. Anda bisa menikmatinya sebagai buah segar, maupun jus buah.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment