Saturday 21 March 2015

9 Manfaat Pisang Yang Jarang Diketahui

Tips Sehat Gratis - Buah pisang merupakan buah yang merakyat. Semua lapisan masyarakat mampu menikmati rasa manis dari buah ini. Buah yang mudah ditemukan di kebun, toko buah, pasar tradisional, atau tempat perbelanjaan lain. Berbagai jenis masakan dapat dibuat dengan menggunakan bahan dasar buah pisang.

Nutrisi buah Pisang

Pisang memiliki bentuk melengkung dan dibungkus oleh kulit buah yang juga mengandung manfaat untuk kesehatan. Pisang memiliki andil besar di dunia kesehatan termasuk
menurunkan hipertensi, risiko kanker, serangan asma, serta meningkatkan kesehatan jantung. Pisang mengandung kalori, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Vitamin yang dikandung di dalam buahnya seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, riboflavin, niacin, dan folat. Mineral penting yang terdapat di dalamnya antara lain magnesium, kalium, mangan, dan zat besi. Selain itu, pisang kaya akan serat.



Pisang baik untuk dimasukkan ke dalam menu harian anda karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Pisang membantu kesuksesan program penurunan berat badan, menyumbang nutrisi yang berperan dalam mengatur irama jantung, serta mengandung vitamin yang menunjang kesehatan mata.
Asupan harian pisang yang dianjurkan bagi kita adalah sebesar 4,7 gr.

Manfaat Buah Pisang yang jarang diketahui


1. Memperlancar sirkulasi darah

Potasium adalah mineral penting yang baik untuk memperlancar peredaran darah, mineral ini terdapat di dalam pisang. Begitu juga kalium punya potensi untuk mengontrol tekanan darah. Ini artinya, pisang menurunkan rsiko stroke yang dapat memicu gejala penyakit jantung.

2. Baik untuk sistem pencernaan di usus

Serat di dalamnya baik untuk mencegah sembelit. Anda bisa mengganti obat pencahar dengan konsumsi buah pisang. Jika dicampurkan ke dalam segelas susu, dapat membantu menurunkan risiko penyakit usus seperti gejala kanker usus besar. Pisang dapat mencegah inflamasi karena kandungan vitamin C di dalamnya.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Pisang mengandung banyak vitamin A yang dapat larut dalam lemak, vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan mata. Senyawa yang ada di dalamnya menjaga membran di sekitar mata dan merupakan salah satu protein yang menyampaikan cahaya ke kornea. Vitamin A perlu dikonsumsi dalam jumlah yang cukup untuk mencegah risiko kebutaan dan untuk meningkatkan penglihatan mata.

Asupan vitamin A yang diperlukan oleh wanita sekitar 700 mikro gr per hari, sedangkan untuk pria adalah 900 mikro gr. Buah pisang juga kaya akan alpha karoten dan beta karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Memasukkan pisang ke dalam menu sarapan tiap hari, dapat memberi nutrisi kepada tubuh yang meningkatkan fungsi jantung. Pisang kaya akan kalium. Kalium langsung menuju aliran darah lewat dinding usus. Kalium dibawa menuju sekitar sel-sel tubuh dan akan larut di dalam cairan sel.

Sistem ini berjalan di tubuh, untuk mempertahankan detak jantung. Kekurangan kalium dalam jumlah sangat banyak, dapat menyebabkan irama jantung tidak teratur.

5. Mecegah Anemia

Kandungan zat besi di dalamnya baik untuk mengatasi penyakit kurang darah (anemia). Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, cukup konsumsi 2 buah pisang setiap hari.

6. Mencegah risiko Asma

Sebuah penelitian di London menunjukkan bahwa konsumsi sebuah pisang setiap hari pada anak-anak menurunkan risiko asma sebesar 34%.

7. Meningkatkan nafsu makan bagi penderita Liver

Mencampur buah pisang dengan madu mampu meningkatkan nafsu makan bagi pasien lever.

8. Membantu menurunkan kadar gula darah

Bagi pasien diabetes tipe 1 yang melakukan diet tinggi serat, pisang baik untuk dipilih. Buah ini mampu membantu meningkatkan lipid dan insulin, terkait seratnya.

9. Meringankan Diare

Penderita diare biasanya kehilangan cairan elektrolit seperti kalium dalam kadar besar, sehingga menyebabkan letih, lesu dan lemah.

Pisang dapat dikonsumsi sebagai sarapan dengan mencampurkannya pada sereal. Makanan ini mampu memberi sumbangan kalori yang cukup untuk tubuh anda. Konsentrasi otak dapat meningkat dengan menjadikan pisang sebagai menu sarapan. Kalium mampu merangsang kinerja otak.

Demikian 9 manfaat pisang yang jarang diketahui oleh banyak orang. Kini tak perlu ragu untku menyediakannya di rumah anda, setiap saat. Mari kita tingkatkan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment