Friday 6 March 2015

8 Manfaat Daun Kelor Yang Mengagumkan!

Daun kelor mempunyai ukuran yang sangat kecil, sehingga tidak mengherankan jika sering kita mendengar sebuah ungkapan "Dunia tidak selebar Daun Kelor, sayang". Meski kecil, daun ini memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan terkait nutrisi yang dikandung olehnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa vitamin yang terdapat di dalam daun ini adalah 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan wortel dan 7 kali lipat dari jeruk. Daun ini mengandung potassium 3 kali lipat dibandingkan buah pisang. Sedangkan kalsium yang ada padanya setara dengan 4 gelas susu. Sebuah nilai yang mengagumkan!

Di wilayah tertentu, daun kelor sering dimakan sebagai sayuran, sedangkan di tempat lain belum terlalu populer penggunaannya.


foto: ilovemoringa.com

Nutrisi yang dikandung Daun Kelor

Daun kelor mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Pada 100 gram daun kelor mengandung protein yang setara dengan protein pada sebutir telur. Vitamin C yang dimilikinya 7 kali lipat dari yang dikandung oleh buah jeruk. Vitamin A yang terdapat di dalam buahnya, 4 kali lipat dibandingkan wortel. Untuk kalsium, setara dengan 4 gelas susu. Protein seimbang dengan 2 porsi yaghurt. Potassium seimbang dengan 3 buah pisang.

Manfaat Kesehatan Daun Kelor yang Menakjubkan


Daun kelor kaya akan manfaat kesehatan, sehingga layak untuk dijadikan sebagai tanaman obat. Berikut beberapa ramuan alami menggunakan daun kelor untuk mengobati berbagai macam penyakit:

Ramuan Herbal Menggunakan Daun Kelor

1. Mengobati Kurap dan luka yang mengeluarkan nanah

Cara Membuat Ramuan Alami: Daun kelor ditumbuk, kemudian dicampur dengan kapur. Tempelkan pada luka atau kurap.

2. Mengobati Rabun Ayam

Cara Membuat Ramuan Alami: Sediakan 3 gagang daun kelor, kemudian ditumbuk. Seduh ke dalam segelas air. Setelah disaring, tambahkan madu ke dalamnya lalu aduk hingga rata. Minum menjelang tidur anda, sekali dalam sehari saja.

3. Mengobati penyakit kuning

Cara Membuat Ramuan Alami: Sediakan 7 gagang daun kelor, 1 sdm madu dan segelas kelapa hijau. Pertama, tumbuk daun kelor sampai halus lalu tuangkan segelas air kelapa. Setelah disaring, tambahkan madu ke dalamnya lalu aduk merata. Minum secara teratur hingga penyakit sembuh.

4. Mengobati Cacingan

Cara Membuat Ramuan Alami: Sediakan 3 gagang daun kelor, 2 batang meniran dan 1 gagang daun cabai. Rebus semua bahan ke dalam2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air, Minum airnya, setelah dingin dan disaring. Lakukan cara ini setiap hari.

5. Mengobati Sakit Mata

Sediakan 3 gagang daun kelor kemudian ditumbuk hingga halus. Tuangkan segelas air dan aduk hingga merata. Biarkan hingga ampas mengendap. Gunakan airnya sebagai obat tetes mata yang alami.

6. Mengobati Sembelit

Cara Membuat Ramuan Alami: Sediakan 1 sdm sari daun kelor dan sari buah wortel atau mentimun yang sudah diparut. Semua bahan dicampur, kemudian tuangkan segelas air. Setelah disaring, minum airnya setiap hari.

7. Mengobati Biduran

Cara Membuat Ramuan Alami: Sediakan 3 gagang daun kelor, adas pulosari secukupnya, dan 1 siung bawang merah. Semua bahan direbus ke dalam 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas saja. Minum airnya setelah disaring, sebanyak 2 kali dalam sehari.

8. Mengobati Rematik dan Nyeri

Cara Membuat Ramuan Alami: Sediakan 1/2 sdm kapur sirih dan 3 gagang daun kelor. Tumbuk kedunya hingga halus. Gunakan sebagai obat gosok.

Demikian manfaat daun kelor dan cara membuat ramuan herbal untuk mengobati beberapa macam penyakit.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment