Wednesday 11 March 2015

11 Manfaat Coklat Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Tips sehat Gratis - Minum cokelat panas sungguh terasa nikmat, apalagi pada musim dingin seperti ini. Rasanya yang manis dan lezat, membuat kita merasa nyaman. Minum cokelat panas juga bisa menghangatkan tubuh. Ternyata ada manfaat kesehatan yang menakjubkan, dibalik minum cokelat panas. Minum secangkir cokelat panas ternyata dapat mencegah pikun (demensia) di usia tua. Minum cokelat selagi hangat, dapat meningkatkan daya ingat otak kita.

Cokelat mengandung zat antioksidan yang disebut flavanol. Zat ini dapat menguatkan sel-sel otak kita. Cokelat juga dapat memperlancar peredaran darah yang menuju ke otak, sehingga otak akan menjadi sehat. Bagi orang tua yang telah mengalami gejala kepikunan, minum cokelat secara teratur dapat menurunkan gejala pikun. Banyak lagi manfaat minum secangkir coklat panas.


ilustrasi: news.com.au

11 Manfaat Coklat Untuk Kecantikan


1. Memperlambat Penuaan

Dengan mengkonsumsi cokelat juga akan membantu memperlambat penuaan. Cokelat melakukannya dengan cara menghambat kerutan dini atau garis di wajah. Ini disebabkan antioksidan alami yang dikandung olehnya.

2. Aman untuk diet

Bahan utama coklat adalah cocoa powder, yang aman untuk berat badan anda. Namun, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

3. Menghaluskan kulit

Cokelat mengandung Flavanols yang dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar UV, serta menjaga kelembaban kulit sehingga tetap bersinar. Selain itu, cokelat menjaga elastisitas kulit dan peremajaan sel-sel kulit. Kandungannya menyingkirkan bintik-bintik hitam pad kulit.

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

4. Mencegah penyakit jantung

Coklat hitam mengandung zat yang memperlancar sistem kardiovaskular, serta resiko serangan jantung.

5. Mengobati Hipertensi

Falvonoid yang dikandung oleh cokelat, juga mampu memproduksi oksida nitrat sehingga menurunkan tekanan darah serta menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Cokelat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Anti depresan

Bagi anda yang sedang stres, cobalah untuk makan cokelat. Serotoni yang dikandungnya bermanfaat sebagai pereda stres.

8. Memperlancar peredaran darah

Flavonoid yang dikandung oleh cokelat membantu meningkatkan peredaran darah selama sekitar 3 jam setelah dikonsumsi. Flavonoid melebarkan pembuluh darah di otak sehingga  meningkatkan aliran darah.

Mencegah kelelahan kronis

Kelelahan kronis dapat menyebakan sakit kepala, jantung, nyeri pada tubuh dan gangguan pernafasan. Makan coklat sekitar 50 gram dalam sehari akan mencegah sindrom kelelahan kronis. Cokelat juga membantu mengobati kelelahan kronis, jika ia terlanjur menyerang.

9. Menjaga kesehatan mata.

Cokelat mampu meningkatkan peredaran darah yang menuju ke retina, serta meningkatkan penglihatan mata.

10. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Antioksidan yang terdapat pada cokelat memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan kanker, dengan cara me-nonaktifkan bagian-bagian yang menghasilkan sel-sel tumor.

11. Menurunkan kadar gula dalam darah

Coklat mampu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, secara alami. Ini artinya membantu menurunkan resiko diabetes. Coklat juga memberikan energi tambahan bagi tubuh.

Demikian manfaat dibalik nikmatnya cokelat untuk kesehatan yang sungguh menakjubkan.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment