Thursday 5 March 2015

7 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan, Khususnya Jantung

Di musim dingin seperti ini, tubuh perlu mendapatkan kehangatan. Cara paling lezat untuk menghangatkan tubuh salah satunya dengan minum secangkir teh hitam. Teh hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terkait kandungan antioksidan di dalamnya.

Umumnya antioksidan pada teh tidak akan banyak keluar dengan cara diseduh. Berbeda dengan teh hitam yang akan mengeluarkan antioksidan 10 kali lipat dengan cara menyeduhnya pada suhu 90 derajat celcius. Warna hitam disebabkan oleh proses oksidasi.

Teh hitam lebih teroksidasi daripada teh hijau. Rasa teh hitam biasanya lebih mantab daripada teh yang tidak teroksidasi. Jika teh hijau mengalami kehilangan rasa dalam waktu setahun, teh hitam tetap memiliki rasa dalam beberapa tahun.

7 Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan Anda



gambar: shopify.com

Orang yang punya penyakit jantung dilarang mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein disebabkan dapat menyebabkan percepatan detak jantung yang tidak stabil, tapi ini tidak berlaku untuk teh hitam. Justru dengan konsumsi teh hitam dapat menurunkan pembekuan darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum teh hitam secara rutin tiap hari dapat menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung sebesar 20 persen.

Bagi anda yang terkena hipertensi, sebaiknya tidak minum teh hitam. Kafein yang ada padanya mungkin bisa memperburuk kondisi tekanan darah anda. Minuman yang mengandung kafein juga tidak baik untuk orang yang punya masalah dengan penyerapan kalsium.

Manfaat teh hitam untuk kesehatan yang lain:

1. Melindungi tubuh dari serangan radikal bebas

Polifenol efektif digunakan untuk melindungi tubuh dari berbagai macam radikal bebas, serta mencegah kerusakan DNA.

2. Meningkatkan kesehatan mulut

Polifenol yang terdapat padanya dapat mematikan bakteri jahat di dalam mulut. Bakteri penyebab plak, gigi berlubang, dan infeksi mulut lainnya.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Teh hitam juga mengandung alkylamines, sebuah antigen yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Teh hitam juga mengandung tanin yang bermanfaat untuk mencegah penyakit ringan yang disebabkan oleh virus.

4. Menyehatkan tulang dan gigi

Fitokimia yang terdapat pada teh hitam juga mampu memperkuat tulang dan gigi serta mengurangi resiko penyakit arthritis.1

5. Baik untuk pencernaan

Teh hitam mengandung tanin dan fitokimia yang memiliki efek restoratif di saluran pencernaan. Efek ini akan membuat sistem pencernaan menjadi lancar sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

6. Mencegah kanker ovarium

Polifenol catechin yang ada di dalam teh hitam dapat membantu mencegah kanker ovarium.

7. Menurunkan resiko diabetes

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan minum teh hitam secara teratur, dapat menurunkan resiko diabetes.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment