Friday 27 March 2015

Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Gratis - Wortel sangat dikenal dengan kandungan vitamin A tinggi. Wortel sering dikonsumsi sebagai sayuran maupun jus buah. Banyak manfaat kesehatan dengan minum jus wortel, termasuk memperoleh banyak mineral dan vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh. Keduanya sangat menguntungkan kesehatan kita secara menyeluruh.


foto: insonnetskitchen.com

Nutrisi yang dikandung wortel

1. Vitamin dan Mineral

Secangkir jus wortel mengandung vitamin A dan kalium, elektrolit penting bagi tubuh. Selain itu wortel mengandung zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B2 yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

2. Kalori

Secangkir jus wortel telah memenuhi 4% asupan kalori harian yang dibutuhkan tubuh. Lebih tinggi dibandingkan dengan jus jeruk ataupun jus tomat.

3. Makronutrisi

Berbagai nutrisi lain yang terdapat di dalam jus wortel seperti lemak, protein, dan karbohidrat.

Manfaat jus wortel bagi kesehatan dan Kecantikan

1. Meningkatkan daya Penglihatan

Di dalam jus wortel terkandung beta-karoten dan lutein, yang bermanfaat untuk kesehatan retina. Keduanya melindungi penglihatan mata di malam hari.

2. Meningkatkan Nafsu Makan dan kinerja sistem Pencernaan

Minum jus wortel 20 menit sebelum makan, akan merangsang sekresi cairan pencernaan dalam tubuh, sehingga nafsu makan meningkat.

Wortel mengandung serat larut, baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti konstipasi, perut kembung, dsb.

3. Mencegah Kanker

Karotenoid yang terdapat di dalam jus wortel termasuk antioksidan yang mampu menurunkan risiko kanker payuudara pasca menopause hingga sebesar 20 persen. Manfaat jus wortel juga menurunkan risiko penyakit kanker prostat, kanker usus besar, kanker leher rahim, kanker kandung kemih, dan kanker paru-paru. Hal ini diduga disebabkan oleh xanthophylls, likopen, gamma-karoten, lutein, dan alpha-karoten yang terdapat pada jus wortel.

4. Baik untuk kesehatan Paru-paru

Jus wortel sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan paru-paru, melindungi sistem pernafasan dari infeksi, serta membantu mengurangi risiko emphysema bagi para perokok.

5. Mengatur kadar Gula Darah

Wortel mampu menurunkan kadar gula darah disebabkan oleh kandungan karotenoid dalam jumlah tinggi. Baca: Cara Mengobati Diabetes Menggunakan Ramuan Herbal

6. Memperlancar ASI

Manfaat jus wortel termasuk untuk memperlancar produksi ASI pada ibu hamil. Selain itu, juga memenuhi asupan kalsium yang diperlukan di masa kehamilan.

7. Meningkatkan kesehatan Kulit

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan rambut, kulit dan kuku. Vitamin A dalam kadar tinggi pada jus wortel mengatasi psoriasis dan masalah kulit lainnya.

Manfaat kesehatan lainnya: Jus wortel juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan keasaman darah, membantu melawan jerawat, mengobati anemia, melawan asma, sembelit, kolesterol, dan bisul.

Semakin gelap warna wortel makin tinggi kandungan vitamin. Manis pada jus ini disebabkan oleh gula alami yang ada padanya. Bagi penderita diabetes sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi jus wortel.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment