Tuesday 24 March 2015

10 Manfaat Buah Delima Merah bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Gratis - Delima merah mendapat gelar sebagai buah super disebabkan nutrisi yang dikandungnya. Buah ini telah lama dikenal mampu mengatasi penyakit maag, diare, diabetes, osteoarthritis, penyakit jantung , dan beberapa penyakit kanker.

Buah cantik ini mengandung asam ellagic (Punicalagin dan Granatin B), asam punicic, antioksidan, asam lemak omega 5 yang berperan dalam proliferasi dan regenerasi sel. Delima juga kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, zat besi, fosfor, potasium, asam folat , thiamin, niasin, dan riboflavin. Kulit buahnya mengandung granatin, alkaloid pelletierene, ursolic acid, betulic acid,  isoquercitrin, resin, elligatanin, triterpenoid, kalsium oksalat dan pati. Jus delima mengandung asam malat, asam sitrat, glukosa, maltosa, fruktosa, vitamin A, vitamin C, dan beberapa mineral penting lainnya.



10 Manfaat Buah Delima Merah bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Mencegah anemia

Delima mengandung zat besi sehingga membantu mengatasi kekurangan sel darah merah (anemia).

2. Aman bagi Penderita Diabetes

Fruktosa yang dikandung di dalamnya tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Punicalagin di dalamnya menjaga fleksibelitas arteri, serta mengurangi peradangan pembuluh darah. Delima merah mencegah penyumbatan pada arteri yang bisa menyebabkan aliran darah ke jantung dan otak menjadi terhambat. Buah ini juga mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

4. Mencegah kanker

Antioksidan di dalamnya mampu melawan radikal bebas dan pertumbuhan sel kanker. Menjadikan delima merah sebagai asupan harian dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat.

5. Menjaga tekanan darah

Delima merah mampu menurunkan tekanan darah tinggi, serta peradangan pembuluh darah bagi mereka yang menderita penyakit jantung.

6. Baik untuk ibu hamil

Vitamin dan asam folat yang dikandung pada buah ini mampu memperlancar peredaran darah, yang baik bagi perkembangan janin. konsumsi secara rutin oleh ibu hamil, dapat menurunkan resiko kelahiran prematur.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sifat anti mikroba dan anti bakteri yang terdapat di dalamnya mampu melawan virus dan bakteri, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Menghambat penuaan dini

Jus buah delima mampu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti kulit keriput dan garis-garis wajah yang disebabkan oleh radiasi matahari. Delima merah juga menjaga regenerasi sel-sel kulit dan mencegah bintik-bintik gelap.

9. Mencegah kanker kulit

Delima merah mengandung tanin dan anthocyanin terhidrolisa yang bermanfaat sebagai anti-kanker. Aplikasi langsung pada kulit dapat menghambat pertumbuhan kanker kulit.

10. Mencegah kerontokan rambut

Minum jus delima setiap hari dapat menguatkan folikel rambut sehingga mencegah rambut rontok, membuat rambut sehat dan berkilau.

Ramuan Herbal menggunakan Delima

- Sering kencing

Sediakan isi buah delima dan 1 genggam kucai yang telah dipotong-potong. Keduanya direbus bersama 3 gelas air hingga tersisa setengahnya, lalu angkat dan biarkan dingin. Minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

- Mengobati Sariawan

Sediakan 2 buah delima matang yang segar, kemudian ditumbuk hingga halus. Tuangkan segelas air sambil mengaduknya hingga rata, kemudian disaring. Berkumur sebentar dengan airnya, lalu ditelan. Lakukan sebanyak 3 kali dalam hari, hingga sembuh.

- Mengobati Cacingan

Campur jus wortel dengan jus buah delima, masing-masing 1/2 gelas. Setelah diaduk merata, segera minum sampai habis.

Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang buah cantik ini.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment