Friday 6 March 2015

7 Makanan Pencegah Diabetes

Perlahan dan terus menggerogoti kesehatan tubuh, seperti itulah kira-kira efek terkena diabetes. Penyakit kencing manis tergolong ke dalam penyakit berbahaya yang mematikan. Gaya hidup yang tidak sehat serta kurang berolahraga menjadi pemicu utama penyakit gula darah, selain faktor keturunan.

Kesehatan adalah nikmat yang perlu anda syukuri. Penderita diabetes dilarang mengkonsumsi makanan yang manis, tinggi kalori dan lemak. Nah, untuk mencegah penyakit kencing manis, anda bisa mengkonsumsi makanan berikut ini:


ilustrasi foto: pma-anz.com

7 Makanan Pencegah Diabetes


1. Kayu manis

Salah satu manfaat kayu manis adalah membuat kadar gula darah menjadi seimbang. Kayu manis baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah anda. Selain itu, kayu manis punya kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Anda bisa menambahkannya pada secangkir kopi maupun teh.

2. Kunyit

Kunyit digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, sejak lama. Sebuah penelitian modern mengungkapkan bahwa kandungan yang terdapat pada kunyit mampu mencegah kencing manis dalam jangka panjang. Di samping itu, kunyit mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker dan peradangan.

3. Beberapa produk olahan Susu

Produk olahan susu seperti yoghurt dan keju memiliki kandungan lemak yang rendah. Makanan tersebut aman untuk kesehatan penderita diabetes. Mengkonsumsi produk olahan susu secara teratur, dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

4. Buah Anggur merah

Buah anggur ini mengandung resveratrol yang mampu menjaga keseimbangan kadar insulin dalam darah. Namun perlu diperhatikan untuk mengkonsumsinya sesuai dosis, tidak berlebihan.

5. Strawberry

Buah yang memiliki warna cantik dan bentuk yang unik ini kaya akan zat yang dapat membuat protein menjadi aktif, sehingga mampu menurunkan kolesterol jahat. Strawberry juga mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah serta menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Buah Apel

Buah apel mengandung anthocyanin yang dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula di dalam darah. Buah apel baik dimakan sebagai makanan pencegah diabetes, serta aman bagi penderita kencing manis.

7. Bayam

Menurut seorang peneliti yang berasal dari Inggris, rutin mengkonsumsi bayam dapat menurunkan resiko diabetes sebesar 14%. Anda dapat mengolahnya menjadi aneka macam masakan.

Mencegah diabetes tidak lepas dari gaya hidup seseorang. Kuncinya adalah mengikuti pola hidup sehat, banyak berolahraga serta menjauhi kebiasaan buruk. Pilihlah makanan yang benar-benar mengandung nutrisi dan baik bagi kesehatan tubuh anda.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment