Saturday 21 February 2015

7 Cara Mengobati Anemia Dengan Ramuan Herbal

Anemia adalah penyakit kekurangan hemoglobin, pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ tubuh. Gejalanya antara lain adalah stamina tubuh menurun, penurunan konsentrasi, gampang lelah, nafsu makan turun, jantung terasa berdebar, sering mengalami kesemutan, sesak nafas, merasa pusing ketika bangun dari duduk, wajah terlihat pucat, mudah terinfeksi, dan telapak tangan terlihat pucat.

7 Cara Mengobati Penyakit Kurang Darah Secara Alami


1. Hati Bebek

Hati bebek atau ayam mengandung zat besi yang sangat tinggi, ini baik dalam proses pembentukan hemoglobin.

2. Makan Tiram

Tiram memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bagi pecinta makanan laut, ini adala h pilihan yang baik.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kembang kol, seledri dan kubis banyak mengandung zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah.


photo: care2.com

4. Banyak Mengkonsumsi Buah-buahan

Buah-buahan membantu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Zat besi ini sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Anda bisa memilih anggur, apel atau semangka untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi.

5. Kacang Almond

Kacang almond juga banyak mengandung zat besi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh pasien anemia.

6. Daun Bawang

Daun bawang juga kaya akan zat besi. Daun bawang juga mengandung protein ferroportin yang sangat bermanfaat untuk menyalurkan zat besi ke seluruh organ tubuh. Rebus daun bawang, kemudian minum airnya setelah dicampur dengan kuning telur.

7. Perbanyak makan Tomat

Kandungan zat besi pada tomat sekitar 3,39 mg tiap cangkir. Jadi, dengan makan tomat dapat membantu mengobati anemia.

Tips Mengobati Penyakit Kurang Darah


- Banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, ikan dan ayam. Bagi penderita anemia, makan daging lebih efektif ketimbang buah-buahan.

- Mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C, sehingga zat besi lebih mudah diserap oleh tubuh. Anda bisa memilih buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat atau mangga.

- Olahraga dengan teratur dan istirahat cukup. Tidur selama 6 sampai 8 jam perhari.

- Minum suplemen zat besi yang mengandung sorbitol dan Vitamin C.

Ramuan alami Untuk Mengobati Penyakit Kurang Darah

- 60 gram daun bayam dicuci hingga bersih, rebus hingga mendidih. Campur dengan sebutir kuning telur. Minum ramuan alami tersebut untuk mengatasi anemia.

- Rebus 100 gram kacang hijau, 30 gr kismis dan 10 butir angco ke dalam air hingga menjadi bubur. Makan bubur tersebut selagi hangat.

- Masukkan 30 gr daun kacang panjang, 25 gr lempuyang dan 30 gr daun bayam ke dalam blender yang berisi 100 cc air. Minum airnya, setelah disaring.

- Haluskan 30 buah buni matang, 20 gr kunyit dan 20 buah murbei ke dalam blender berisi 100 cc air. Tambahkan madu, Kemudian diminum

Demikian cara mengobati penyakit kurang darah secara alami.Semua bahan alami yang disebutkan di atas, aman untuk digunakan. Anda bisa membuatnya di rumah atau memberitahukan hal ini kepada teman, keluarga maupun tetangga anda.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment