Thursday 5 March 2015

Manfaat Bengkuang Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Bengkuang merupakan salah satu jenis umbi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Umbi yang kaya akan air ini bagus untuk dimasukkan ke dalam menu diet anda. Selain untuk menurunkan berat badan, umbi yang kaya oligokasarida ini juga banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik untuk kecantikan.

Terkait kandungan nutrisi dan gizinya, bengkuang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan secara menyeluruh. Berikut beberapa manfaat Bengkuang bagi kesehatan tubuh:


photo: scstylecaster.wordpress.com

Manfaat Bengkuang untuk Kecantikan Wajah


1. Menyegarkan Kulit

Wanita yang telah menopause umumnya mengalami penuaan kulit dan keriput. Fitoestrogen yang dikandung oleh bengkuang mampu menghambat efek penuaan.

2. Menghapus flek di wajah

Untuk menghilangkan flek di wajah, terapkan masker bengkuang. Wajah semakin cantik dan segar dengan rajin melakukannya. Flek pada wajah pun sirna, entah kemana.

Manfaat Bengkuang untuk Kecantikan dan Kesehatan


3. Menetralkan Asam Lambung

Bengkuang termasuk makanan alkali, yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung dan mendinginkan perut. Anda yang terkena magh, bagus untuk mengkonsumsinya.

4. Aman bagi diabetes

Kandungan inulin pada bengkuang, membuatnya aman untuk dimakan oleh penderita kencing manis. Ini disebabkan enzim di usus tidak mampu mencernanya, sehingga kadar gula darah tetap. Penderita kencing manis dapat mengkonsumsinya dalam bentuk sari bengkuang.

5. Obat bagi sariawan

Ini terkait kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini. Vitamin C inilah yang efektif melawan sariawan. Begitu juga untuk menurunkan kolesterol jahat, bengkuang sangat efektif untuk digunakan.

6. Membantu pencernaan

Inulin mampu memperbaiki fungsi usus dan meningkatkan frekuensi defekasi pada penderita Konstipasi. Jadi, bengkuang memiliki kemampuan untuk melancarakan pencernaan.

7. Membantu kesehatan gigi dan tulang

Bengkuang mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Dampak buruk akibat kekurangan fosfor adalah menurunnya selera makan, serta tubuh menjadi kian lemah.

8. Mengobati beri-beri

Bengkuang banyak mengandung vitamin B1 yang dapat mencegah tubuh dari penyakit beri-beri.

Bahaya dan efek Samping Biji Bengkuang

Meski memiliki segudang manfaat kesehatan, namun anda perlu berhati-hati terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh bijinya. Biji bengkuang mengandung rotenon, racun sejens tuba.

Itulah manfaat Bengkuang untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat menjalani cara hidup sehat. Semoga wajah anda tetap cantik mempesona.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment