Monday 9 March 2015

8 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam biasa dikenal sebagai bumbu masakan. Dalam dunia herbal, daun salam bisa digunakan untuk obat diare, maag akut, kolesterol,bahkan bisa dibuat sebagai pasta gigi alami. Daun salam yang tumbuh liar rasanya pahit dan kurang harum, beda dengan yang tumbuh di pekarangan.

Daun salam memiliki kandungan kimia berupa senyawa tannin, flavonoida dan minyak atsiri. Minyak esensialnya mengandung eugenol dan metil kavikol. Zat yang dikandung oleh daun salam efektif sebagai anti-jamur dan anti-bakteri.


foto: simpleitaly.com

8 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan


1. Meringankan Asam Urat

Untuk membantu mengobati Asam urat, 10 lembar daun salam dikeringkan kemudian direbus ke dalam 10 gelas air. Biarkan airnya tersisa 7 gelas, kemudian minum setelah dingin. Minum secara teratur tiap hari, untuk meringankan penyakit asam urat.

2. Menurunkan kadar gula dan kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami, sediakan 15 lembar daun salam yang segar. Rebus ke dalam 3 gelas air, sehingga airnya berkurang 2 gelas. Saring airnya setelah dingin. Minum di malam hari secara teratur.

3. Memutihkan Gigi Secara Alami

Pasta gigi yang terbuat dari daun salam dapat memutihkan gigi kuning secara alami, tanpa resiko. Daun salam dijemur hingga kering, kemudian ditumbuk dan dicampur dengan air hingga membentuk pasta.

4. Menurunkan berat badan

Daun salam bisa digunakan sebagai minuman diet alami. Rebus 25 lembar daun salam ke dalam 4 gelas air. Biarkan mendidih dan air berkurang setengah dari semula. Minum airnya sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Mengobati Hipertensi

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, sediakan 10 lembar daun salam yang segar. Rebus ke dalam 3 gelas air hingga airnya berkurang 2 gelas. Minum airnya setelah dingin sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing 1/2 gelas.

6. Mengobati Diabetes

Untuk mengobati kencing manis secara alami, rebus 15 daun salam ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Minum airnya setelah disaring dan dingin. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

7. Mengobati Maag akut

Manfaat daun salam yang lain adalah untuk mengobati maag akut. Rebus 20 lembar daun salam ke dalam ½ liter air hingga mendidih selama sekitar 15 menit. Kemudian tambahkan gula aren secukupnya. Minum airnya sebagai teh herbal, setelah dingin. Minum secara teratur setiap hari hingga rasa perih di lambung menghilang.

8. Mengobati diare

Sebagai obat diare alami, daun salam memiliki efektifitas yang tidak kalah dibandingkan dengan daun jambu biji. Rebus 15 lembar daun salam ke dalam 2 gelas air hingga mendidih. Taburkan sedikit garam dan biarkan dingin. Minum airnya sekaligus, setelah dingin.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment