Tuesday 10 March 2015

11 Manfaat Lengkuas Merah Untuk Kesehatan

Tips Sehat Gratis - Lengkuas adalah umbi yang kaya akan senyawa penting. Lengkuas atau sering disebut laos, mengandung kamfer, minyak atsiri dan senyawa penting lain. Lengkuas memiliki bau yang khas, umum digunakan sebagai bumbu masakan. Warna merah pada lengkuas, menjadi ciri khas yang membedakan umbi ini dari jahe ataupun kunyit. Lengkuas merah lebih besar daripada lengkuas putih. Begitu juga khasiat lengkuas merah lebih banyak dibanding lengkuas putih. Lengkuas dikenal sebagai obat herbal disebabkan memiliki sifat anti jamur dan anti kembung.


gambar: washingtonpost.com

11 Manfaat Lengkuas merah Bagi kesehatan


1. Mengobati Diare

Sediakan ¾ rimpang lengkuas, ½ cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Peras Setelah diperas dan disaring, anda dapat meminumnya.

2. Obat sakit telinga

Untuk emngobati penyakit telinga, lengkuas muda ditumbuk dan diperas. Cukup dengan meneteskan ke telinga untuk mengobati penyakit telinga.

3. Mengobati panu dan kurap

Lengkuas dan bawang putih ditumbuk, kemudian ditempelkan ke kulit yang terkena kurap. Lengkuas merah dicacah sehingga mengeluarkan serat, tambahkan cuka. Selanjutnya oleskan pada kulit yang terkena panu.

4. Mengobati penyakit Rematik

Lengkuas direbus, kemudian airnya digunakan untuk mandi. Cara lainnya adalah dengan mencampur cabai dengan lengkuas. Kedua bahan dilumatkan, tambahkan nasi kering. Balurkan pada organ tubuh yang sakit.

5. Mengobati penyakit encok

Lengkuas ditumbuk dicampur dengan abu dapur dan minyak kelapa. Oleskan pada organ tubuh yang sakit karena encok.

6. Mengobati  Batuk

Sediakan lengkuas, bawang merah panggang dan kayu manis. Semua bahan ditumbuk hingga lumat, kemudian diperas. Minum ramuan alami ini untuk mengobati batuk anda. Pelajari: Ramuan Herbal Untuk Mengobati Batuk

7. Mengobati Anemia

Rebus parutan lengkuas dan gula aren sampai mendidih. Minum airnya setelah dingin secara teratur.

8. Melenyapkan Bercak pada kulit

Giling lengkuas sebanyak 2 rimpang. Tuangkan 1 sendok makan cuka. Oleskan pada bercak di kulit. Lakukan secara rutin sehingga bercak menghilang.

9. Mengobati sakit perut

Lengkuas dirajang, kemudian direbus hingga airnya berkurang 1/3 bagian. Minum airnya jika sudah dingin, sebelum makan.

10. Mengobati Penyakit Bronkhitis

Lengkuas diparut. Tuangkan 1/2 gelas air matang dan 2 sendok makan madu, kemudian diperas dan disaring untuk mengambil airnya. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

11. Sebagai Afrodisiak

Sediakan lengkuas merah dan jahe merah, masing-masing sebanyak 2 potong. Siapkan juga bubuk merica hitam sebanyak 3 gram. Semua bahan direbus bersama 4 gelas air. Biarkan airnya tersisa 3 gelas saja. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari sebagai afrodisiak. Tambahkan madu setiap meminumnya.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment