Wednesday 4 March 2015

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami dan Aman

Batuk adalah proses alamiah sebagai bentuk pertahanan tubuh. Penyebab batuk terkait dengan sistem pernafasan. Batuk merupakan penyakit yang beragam, mulai batuk ringan sampai batuk berat yang biasanya disertai dengan keluarnya darah. Banyak orang menganggap batuk sebagai penyakit yang sepele. Padahal, jika tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat bisa berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa penyebab batuk

- Gangguan kesehatan seperti sinusitis dan alergi dapat menyebabkan produksi dahak berlebihan. Iritasi yang terjadi bisa menyebabkan Batuk.
- Batuk juga bisa disebabkan oleh Influenza, asma, polutan bebas, obat-obatan jenis tertentu, dan berbagai penyebab lainnya.


ilustrasi gambar: ladycarehealth.com

Ada batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak harus segera diobati agar tidak semakin parah.

Tips mengobati batuk berdahak

- Hindari tempat yang banyak debu dan dingin.
- Jaga tubuh agar tetap hangat.
- Gunakan air hangat untuk mandi.
- Jangan merokok atau menenggak minuman keras.
- Istirahat secara teratur dan Hindari pengeluaran tenaga secara berlebihan.
- Perbanyak minum air untuk membantu mengencerkan dahak.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami


1. Jahe

Jahe memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri yang baik. Jahe bisa mengobati batuk berdahak. Cara membuat obat alami bagi batuk berdahak adalah dengan mengiris-iris Jahe dan Kencur. Rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih. Minumlah airnya untuk mengobati batuk anda.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat terkenal sebagai obat batuk alami. Jeruk nipis dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian diperas. Campur airnya dengan madu, kemudian minum untuk melawan batuk berdahak.

3. Daun Sirih

Daun Sirih juga dapat menjadi obat bagi batuk berdahak. Rebus daun Sirih dan jahe yang telah dipotong-potong. Minum airnya untuk mengatasi batuk yang membandel.

4. Kunyit

Kunyit tidak diragukan lagi sebagai obat herbal yang banyak manfaatnya. Untuk mengatasi batuk berdahak, kunyit ditumbuk. Setelah diperas, campur airnya dengan madu. Minum secara teratur untuk mengusir batuk berdahak.

Demikian beberapa tips yang bisa anda coba di rumah.Jagalah kondisi tubuh agar tetap fit dengan cara olahraga secara teratur dan menerapkan gaya hidup sehat.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment