Thursday 19 March 2015

10 Manfaat Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu biji merupakan buah yang banyak disukai oleh banyak orang, mudah didapatkan dan ditanam di pekarangan rumah. Di balik rasanya yang manis, buah ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan anda. Buah jambu biji kaya akan vitamin dan mineral yang sehat bagi tubuh. Buah ini mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Tentunya anda sangat tidak asing dengan buah manis ini.


servingjoy.com

10 Manfaat Jambu Biji yang Jarang Diketahui


1. Mengobati Anemia

Berbagai vitamin dan mineral penting terdapat di dalam buah ini, seperti vitamin E, vitamin K, mangan, folat, niasin, magnesium, tembaga, dan asam panthothenic. Semua nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh.

2. Anti inflamasi dan Anti tumor

Jambu biji mengandung lycopene yang sangat bermanfaat sebagai anti-inflamasi (mencegah peradangan), serta anti tumor (mencegah perkembangan tumor).

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat jambu biji untuk meningkatkan imunitas tubuh terkait fakta tentang vitamin C yang dikandung di dalamnya. Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu melawan berbagai serangan penyakit.

4. Mencegah kanker

Buah ini juga mengandung antioksidan seperti flavonid dan fitonutrien yang mampu mencegah kanker. Vitamin C dalam kadar tinggi yang terdapat di dalamnya juga efektif untuk melawan radikal bebas pemicu serangan kanker.

5. Menghambat tanda-tanda penuaan

Zat antioksidan yang berlimpah di dalam jambu biji mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah stres oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini.

6. Mengontrol tekanan darah

Jambu biji juga punya andil untuk menstabilkan tekanan darah, disebabkan kalium di dalamnya yang bermanfaat untuk memberi perlindungan bagi tubuh dari bahaya eksternal yang dapat merusak keseimbangan tekanan darah.

7. Baik untuk penderita diabetes

Serat alami yang dikandung di dalam buah jambu biji bermanfaat sebagai obat alami bagi pasien diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah ini terbukti mampu mencegah kenaikan kadar gula darah.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam jambu biji sekali lagi mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Buah ini dapat menjadi alternatif sebagai asupan vitamin A, selain wortel.

9. Menyehatkan kulit

Nutrisi penting lainnya yang dikandung oleh jambu biji adalah vitamin A, yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Lagi-lagi antioksidan di dalamnya berperan untuk memelihara kecantikan kulit anda.

10. Menjaga sistem pencernaan tubuh

Buah manis ini mengandung lycopene yang baik dalam membantu meningkatkan kinerja pencernaan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi buah jambu biji dalam keadaan segar, ataupun diminum sebagai jus buah. Pilihan lainnya adalah dengan mencampur ke dalam menu makanan lain. Variasi ini akan menghindarkan anda dari kejenuhan.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment