Saturday 14 March 2015

Tips Diet Supaya Langsing, Tanpa Menyiksa Diri

Banyak orang melakukan diet yang salah, sehingga bukan penurunan berat badan sesuai harapan yang didapat. Namun, diet yang salah justru dapat menyebabkan sakit, bahkan meninggal. Diet yang salah, justru akan menyiksa diri anda. Begitulah kenyataan yang sering dialami oleh banyak orang.Jadi, bagaimana cara melakukan diet sehat yang benar, serta tidak menyiksa diri? Pelajari: 5 Hal Penyebab Diet Langsing Gagal

Tips Diet Langsing, tanpa menyiksa diri


1. Mengurangi Porsi Makan

Ini bukan berarti anda makan terlalu sedikit. Tubuh kita tetap membutuhkan energi. Mengurangi porsi makan yang benar adalah dengan melalui beberapa tahapan, sedikit demi sedikit. Ini bertujuan untuk melatih tubuh beradaptasi dengan asupan makanan yang masuk. Tubuh kita perlu waktu, untuk hal itu. Jika anda mengurangi makan secara mendadak, tubuh akan terkejut dan anda mungkin tersiksa dengan menahan nafsu makan.


ilustrasi: intelliwiser.wordpress.com

2. Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam

Gula dan garam memang dapat menyebabkan berat badan naik. Namun untuk menghentikan konsumsi gula dan garam, merupakan kesalahan besar. Tubuh kita membutuhkan garam, terkait yodium yang dikandungnya. Begitu pula, gula diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kadar fula dalam darah, serta membantu aktivitas tubuh.Cara yang benar dalam diet sehat adalah dengan mengurangi mengkonsumsi keduanya secara bertahap.

3. Jauhi Gorengan dan Minyak Goreng

Gorengan memang menggoda selera makan kita. Apalagi crispy yang renyah, tentu menimbulkan keinginan kita untuk memakannya. Bagi anda yang sedang menjalani diet untuk memperoleh tubuh langsing, segera hentikan memakan gorengan. Anda bisa menggantinya dengan makanan lain yang tak kalah lezat. Misalnya, jika anda suka ayam goreng, cobalah untuk beralih ke ayam bakar. Untuk memasak, gunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng.

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga tidak bisa dipisahkan dari diet sehat. Dengan olahraga, lemak di tubuh anda akan terbakar. Olahraga juga menyebabkan otot-otot tubuh menjadi kencang, meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalori lebih cepat terbakar, serta mencegah banyak resiko penyakit. Lakukan olahraga secara teratur, setidaknya 45 menit setiap hari.

5. Hindari Stres

Banyak hal dalam hidup ini yang bisa membuat seseorang menjadi stres, jika tidak mampu mengatasi permasalahan yang datang. Hormon stres akan merusak sistem metabolisme, sehingga menyebabkan kalori pada tubuh tidak terbakar dengan baik. Hal ini akan memicu penimbunan lemak. Jadi dalam diet sehat, stres harus dihindari.

6. Mengatur Waktu Tidur

Jika anda kurang tidur akan menyebabkan hormon ghrelin keluar, sehingga rasa lapar pun muncul. Sebagian orang tidur seharian, kemudian bekerha tanpa henti pada esok harinya. Cara demikian salah besar. Jika anda melakukan hal demikian, dapat merusak sistem metabolisme sehingga tubuh akan kesulitan untuk membakar kalori. Sebaiknya anda tidur selama 7 hingga 8 jam tiap hari.

7. Mengatur Waktu Makan

Jangan melewatkan waktu makan yang telah anda jadwalkan. Makanlah pada waktu yang sama, setiap hari. Jangan menunda waktu makan. Makanlah sesuai selera anda, jangan memaksa untuk makan makanan yang tidak anda sukai. Silahkan makan buah, sayur atau pun daging yang anda suka. Jangan terlalu menyiksa diri anda, dengan menahan keinginan untuk mencicipi makanan tersebut. Asalkan tidak berlebihan dalam porsinya.

Agar diet anda sukses, jangan menganggapnya sebagai sebuah beban. Jadikan diet anda sebagai pola hidup anda. Buatlah program diet anda senyaman mungkin.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment