Sunday 22 February 2015

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi yang Aman dan Alami

Seseorang yang menderita hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) tentu berusaha untuk melakukan pengobatan terhadap penyakitnya, serta menghindari makanan yang dapat membuat parah kondisi kesehatannya. Untuk menurunkan tensi, tidak harus tergantung dengan obat yang diberikan oleh medis. Anda dapat menurunkannya dengan cara alami, sehingga mengurangi penggunaan obat-obatan kimia. Artikel sebelumnya tentang Cara mengobati anemia dengan ramuan herbal.

Ada beberapa cara alami untuk menurunkan tensi darah yang aman, alami dan mudah untuk dilakukan.

1. Berenang setiap hari

Dengan melakukan renang setiap hari minimal selama 30 menit, akan memberi efek terapi yang alami pada tekanan darah anda. Secara bertahap tensi akan menurun, dengan melakukan renang secara rutin. Atur nafas anda saat berenang, lakukan dengan santai dengan memilih gaya renang yang tidak banyak mengeluarkan tenaga.

2. Melakukan Jogging

Dengan melakukan jogging secara rutin akan membuat tubuh sehat, baik untuk pernafasan, serta dapat menjaga tekaanan darah anda secara bertahap. Lakukan jogging secara teratur di pagi hari.

3. Latihan ringan di tempat Fitnes

Jika anda kesulitan mencari tempat terbuka dan jauh dari polusi untuk bersepeda, tempat fitnes dapat menjadi pilihan lain. Cukup dengan melakukan latihan ringan untuk mengatur pernafasan, sehingga tekannan daarah dapat dikontrol.

4. Bersepeda selama 30 menit

Olahraga mudah lainnya yang dapat anda lakukan adalah dengan bersepeda di tempat yang bebas dari berbagai polusi udara. Olaharaga ini sangat baik untuk kesehatan jantung, serta menurunkan hipertensi. Lakukan olahraga ini selama sekitar 30 menit untuk mendapatkan hasil yang optimal.


gambar: cumbria.gov.uk

5. Mencegah kenaikan berat badan

Penambahan berat badan merupakan salah satu penyebab hipertensi. Hindari hal-hal yang dapat memicu kenaikan berat badan anda, sehingga tenshi tidak melonjak naik. Lebih bagus lagi jika anda melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.

6. Hindari makanan yang terlalu asin

Makanan yang banyak mengandung garam dapat memicu penyakit hypertensi. Oleh karena itu, anda perlu menjauhi apa saja yang mengandung  banyak garam. Ingat, anda melakukannya demi menjaga kesehatan anda.

7. Banyak makan sayuran dan buah-buahan

Sebaiknya perbanyak makan sayuran dan buah-buahan seperti melon, semangka, belimbing, atau mentimun. Makanan tersebut baik untuk menurunkan hipertenshi. Tidak perlu berlebihan dalam konsumsi makanan tersebut.

Demikian beberapa cara alami yang mudah dilakukan. Semua jenis olahraga kardio baik untuk menjaga teekanan darah. Jika anda melakukan olahraga jenis ini, sebaiknya lakukan secara bertahap. Jangan lupa melakukan pendinginan juga.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment