Thursday 26 February 2015

Manfaat Ciplukan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Tahukah anda mengenai buah ciplukan? Ciplukan termasuk keluarga tanaman terong. Buahnya yang masih muda berwarna hijau, rasanya pahit. Buah matang berwarna kuning, rasanya manis keasaman. Ciplukan dapat bermanfaat semua bagiannya seperti daun, buah, batang dan akar untuk mengobati berbagai penyakit.

Kandungan kimiawi Buah Ciplukan

Tanaman ini mengandung asam sitrun, chlorogenik acid dan fisalin. Buahnya mengandung tanin, asam malat, kriptoxantin, alkaloid, vitamin C, gula dan elaidic acid. Senyawa kimia yang dikandung oleh ciplukan memiliki sifat analgetik, diuretik, serta detoksifikasi. Ciplukan dapat digunakan sebagai obat dalam maupun luar. buah ini tidak mengandung beracun, aman digunakan.


foto: amazonaws.com

Manfaat Ciplukan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit dan Cara Membuatnya


1. Mengobati Sariawan

Untuk mengobati sariawan, cukup dengan makan buah ciplukan secara teratur. Buah ciplukan mengandung banyak vitamin C.

2. Mengobati Diabetes

Untuk mengobati diabetes secara alami, sediakan 20 gram ciplukan kering. Kemudian tanaman tersebut direbus ke dalam 3 gelas air. Selanjutnya airnya disaring, setelah dingin. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

3. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Sediakan 10 gram tanaman ciplukan kering. Rebus ke dalam 150 ml air selama seperempat jam. Minum airnya setelah disaring dan dingin sebanyak 2 kali, pagi dan sore.

4. Mengobati penyakit paru-paru

Ciplukan juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit paru-paru dengan cara merebusnya ke dalam air. Kemudian minum airnya setelah dingin sebanyak tiga kali sehari.

5. Mengobati Influenza

Untuk mengobati influenza menggunakan ciplukan, anda dapat merebus 15 gram herba kering ciplukan. Setelah dingin, minum airnya sebanyak 3 kali dalam satu hari. Cara ini juga dapat diterapkan untuk mengobati batuk rejan, gondongan, dan bronkitis.

6. Mengobati penyakit Ayan

Untuk membantu mengobati epilepsi, cukup dengan makan sebanyak 10 buah ciplukan setiap hari.

7. Mengobati Bisul

Ambil setengah genggam daun ciplukan kemudian digiling sampai halus. Tempelkan pada bisul pada kulit, kemudian dibalut. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

8. Mengobati Borok

Siapkan 1/2 genggam daun ciplukan kemudian digiling hingga halus. Campur dengan air kapur sirih, kemudian tempelkan pada borok. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Demikian Manfaat Ciplukan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit dan Cara Membuat ramuan tradisional menggunakan ciplukan. Semoga menambah pengetahuan kita mengenai ramuan herbal.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment