Saturday 28 February 2015

6 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3, baik diberikan kepada anak-anak dalam masa pertumbuhan. Nutrisi yang dikandungnya bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kesehatan. Ada beberapa manfaat lain dari minyak ikan, yang seharusnya kita ketahui. Apa saja? Berikut beberapa manfaat kesehatan, jika kita mengkonsumsi minyak ikan:

Manfaat konsumsi Minyak Ikan


1. Menjaga Kesehatan Otak

Minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak, terutama ini bermanfaat sekali bagi anak autis. Pemberian suplemen minyak ikan pada anak autis selama 4 bulan, menunjukkan peningkatan perilaku kognitif.


photo: jmcustomfitness.com

2. Meningkatkan kekuatan memori

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa konsumsi minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan volume otak yang bertanggung jawab untuk kesehatan memori serta melindungi otak dari demensia. Omega 3 juga mampu mengurangi pembentukan plak di otak yang dikaitkan dengan munculnya penyakit Alzheimer.

3. Mencegah serangan jantung

Kandungan omega 3 di dalam minyak ikan dikenal bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada arteri yang menyebabkan serangan jantung. Selain itu minyak ikan juga mengandung antikoagulan yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah.

4. Meningkatkan penglihatan

Percobaan yang dilakukan di Harvard University menunjukkan bahwa tikus yang kurang mengonsumsi asam lemak omega 3 menderita pendarahan retina yang menyebabkan degenerasi makula dan kebutaan. Sehingga para ahli kesehatan pun menyarankan Anda untuk mengonsumsi minyak ikan agar penglihatan meningkat dan menghindari mata kering.

5. Memperkuat persendian

Minyak ikan bersifat anti-inflamasi, sehingga bermanfaat untuk mengurangi rheumatoid penyebab rasa sakit serta pembengkakan sendi.

6. Dapat mencegah keguguran

Mengkonsumsi minyak ikan secara rutin, bagi ibu hamil sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan plasenta penyebab keguguran. Minyak ikan juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak pada janin.

Anda dapat mengkonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen. Ikan salmon termasuk jenis ikan yang sangat banyak menghasilkan minyak ikan, juga mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment