Thursday 16 April 2015

4 Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami

Tips Sehat Gratis - Mata bintitan sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kebiasaan suka ngintip. Jadi, jangan merasa malu jika mata anda timbul benjolan kecil yang sering disebut bintitan. Kondisi ini dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan mata. Perawatan terhadap gangguan ini dapat dilakukan dengan mengkompres mata untuk membersihkannya dari bakteri penyebab bintit di mata. Mengobati bintitan berbeda dengan mengobati bisul.



Penyebab Mata Bintitan

Kondisi ini umumnya disebabkan infeksi pada akar ataupun pangkal bulu mata (folikel) yang biasanya karena bulu mata tercabut lalu terjadi infeksi bakteri. Kelilipan juga sering menjadi penyebabnya, sehingga terjadi peradangan dan gatal pada kelopak mata. Oleh sebab itu, hindari mengucek mata saat gatal.

4 Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami


Bintil yang timbul pada kelopak mata sangat mengganggu. Anda dapat menyeka dengan air hangat. Cara ini akan mengurangi rasa sakit, serta menenangkan otot-otot kelopak mata yang mengalami peradangan.

Basahi kain bersih dengan merendamnya ke dalam air hangat, kemudian peras dan tempelkan pada bintil selama 1 menit. Lakukan cara ini secara berulang-ulang hingga rasa sakit di mata berkurang.

1. Daun Sirih

Ambil daun sirih sebanyak 3 lembar, lalu rebus ke dalam 2 gelas air. Saring ainya selagi hangat. Airnya dapat digunakan sebagai obat tetes mata alami. Jangan terkejut jika mata terasa perih ketika menerapkan air daun sirih pada mata bintitan.

2. Air Hangat

Sediakan air hangat dan kain bersih. Tambahkan sedikit garam ke dalam air hangat, masukkan kain ke dalamnya. Tempelkan kain ke bagian mata yang bintil selama 15 menit. Lakukan sebanyak 4 kali dalam sehari.

3. Blueberry

Buah ini mengandung berbagai jenis vitamin dan zat lainnya yang menyehatkan mata. Makanlah buah blueberry setiap hari untuk mengobati mata bintitan.

4. Bawang Putih

Bersihkan mata menggunakn air hangat, oleskan bawang putih yang telah dilumatkan pada kelopak mata yang bintitan. Lakukan sebanyak 3 kali sehari sampai sembuh.

Jika bintil tidak kunjung hilang, gunakan obat tetes mata. Waspada terhadap bahan kimia di dalamnya, karena bisa berbahaya jika digunakan secara berlebihan. Cukup 3 tetes setiap pemakaian. Lakukan 2 kali dalam sehari. Sebaiknya konsultasi dengan dokter, jika ingin memilih jenis obat tetes mata yang tepat.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment