Sunday 12 April 2015

Cara Mengobati Penyakit Liver Secara Alami

Tips Sehat Gratis - Penyakit liver atau hepatitis sering disebut penyakit kuning tergolong penyakit berat yang dapat menyebabkan kematian, jika tidak mendapatkan pengobatan medis yang tepat. Warna urin penderita hepatitis biasanya berubah kecoklatan, kulit berwarna kekuningan, mengalami muntah, demam ringan, mual, diare, nafsu makan menurun, berat badan menurun drastis, lekas lelah, pegal-pegal dan nyeri otot, tidak bersemangat. Simak juga: Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Penyakit Liver umumnya disebabkan oleh infeksi parasit atau bakteri malaria, disentri, cacing, toxoplasma dan virus (virus hepatitis B dan hepatitis C). Penyebab lainnya seperti genetik, kekurangan gizi sewaktu masih janin, kelainan sistem metabolisme, pasca operasi bagian dalam tubuh dan penggunaan obat-obatan kimia secara terus-menerus.


kunyit

Penyakit kuning dapat berlanjut menjadi kondisi yang disebut sirosis, dimana fungsi hati tidak teratur dan terjadi kerusakan ginjal dan hati.

4 Cara Mengobati Penyakit Liver Menggunakan Bahan Alami


1. Temulawak

Temulawak mampu melindungi liver dan meningkatkan kekebalan tubuh. Temulawak mengandung curcumin sebagai anti inflamasi dan anti hepatotoksik yang baik untuk melindungi hati. Ambil temulawak sebanyak ¼ kg kemudian diiris tipis. Biarkan terkena angin beberapa lama. Jemur daun sirsak sebanyak 3 lembar hingga kering. Rebus kedua bahan yang telah kering ke dalam 4 gelas air sehingga air tersisa 3 gelas, lalu disaring dan tambahkan gula merah. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari sekaligus 1 gelas. Berjemurlah di bawah sinar matahari sekitar jam 7 pagi, selama 30 menit tanpa melakukan olahraga berat.

2. Perbanyak Buah Dan Sayur

Keduanya kaya akan gizi, zat besi, magnesium, vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat membantu proses penyembuhan hepatitis. Hindari konsumsi buah nagka, nanas, dan durian.

3. Pegagan

Senyawa penting di dalamnya seperti asiaticoside, brahminoside, madecassoide, brahmic acid, carotenoids, centellose, isothankuniside, zat besi, natrium, kalium, magnesium, kalium, dan senyawa glikosida. Salah satu manfaatnya adalah sebagai hepatoprotektor pada penderita hepatitis yang bersifat memperbaiki dan menguatkan sel hati, serta melawan radikal bebas dan meregenerasi sel-sel Liver yang telah rusak.

4. Konsumsi Makanan Amis

Makanan yang amis seperti ikan diyakini mampu menyembuhkan Penyakit Liver, karena bertindak untuk memperbaiki sel-sel rusak.

Selain cara yang disebutkan, dalam mengobati penyakit liver sebaiknya diiringi dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar seperti kol, wortel, brokoli, buncis, apel, jeruk, tomat, jambu biji, apukat pepaya, dan belimbing manis. Jaga pola makan anda dengan konsumsi makanan yang kaya vitamin terutama vitamin B12 dan B6.

foto tanaman kunyit: iherbalstore.com
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment