Thursday 27 August 2015

Keripik Kentang Kemasan Dapat Memicu Kanker

Kanker merupakan penyakit yang berkaitan dengan tumbuhnya sel-sel di luar kendali. Sel yang tumbuh secara tidak normal ini dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Terdapat tidak kurang dari 200 jenis kanker yang berlainan.

Kanker terkenal sebagai penyakit berbahaya yang menyebabkan risiko kematian. Beberapa juta orang terdiagnosis berbagai jenis kanker tiap tahun, seperti kanker kulit, paydara, mulut, ovarium, usus, kandung kemih dan sebagainya.


keripik
foto: wegrowmedia.com

Gejala Kanker Yang Umum

Kanker umumnya ditandai dengan timbulnya benjolan baru di dalam organ tubuh, berat badan menurun tanpa dapat dijelaskan, pendarahan abnormal, masalah berak yang timbul mendadak, kelelahan, sering mengalami demam atau infeksi, sesak nafas dan batuk, dan nafsu makan menurun. Ini merupakan gejala umum kanker, namun juga dapat menjadi sebuah gejala dari masalah kesehatan lain.


Tips Mencegah Kanker


Dengan mengikuti pola hidup sehat akan menurunkan risiko terjangkit kanker. Pola hidup sehat meliputi beberapa kebiasaan baik seperti memenuhi asupan air, olahraga teratur untuk menjaga berat badan, menghindari stres, mengkonsumsi makanan sehat, dan menjaga pola tidur dengan baik. Baca: Cara Mengobati Kanker Kulit Secara Alami!


Keripik Kentang Kemasan Dapat Memicu Kanker


Perlu diperhatikan bahwa makanan tidak sehat dapat memicu risiko kanker. Demikian pula makanan yang mengandung bahan pengawet seperti keripik kentang kemasan. Makanan yang disukai oleh semua orang terutama anak-anak ini ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh. Proses pembuatan keripik kentang yang renyah melibatkan pemanasan dengan suhu di atas 120 derajat Celcius. Proses pemanasan ini dapat menimbulkan akrilamida, bahan karsinogen yang memiliki efek buruk bagi kesehatan. Menurut studi yang dimuat oleh International Journal of Cancer, zat akrilamida mampu memicu timbulnya kanker pyudara. Produk kentang goreng kemasan mengandung banyak lemak dan kalori, yang dapat menyebabkan berat badan meningkat dengan tidak wajar, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan gangguan kesehatan lainnya. Produk makanan ini mengandung rasa sintetis dan bahan pengawet yang tidak sehat.

Jika anda menyukai produk kentang goreng yang renyah, sebaiknya membuatnya sendiri di rumah dengan bahan minyak zaitun yang lebih sehat. Jadi, tidak perlu membeli di pasaran. Kalaupun harus membeli, pilih yang rendah lemak dan kalori. Cobalah berkreasi dengan membuat apel panggang, tanpa pergi ke supermarket. Dengan cara ini akan lebih menjamin keamanan bahan yang digunakan. Baca: 5 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Stres!

Makan kentang goreng kemasan tidak dilarang, tetapi jika terlalu sering dapat meimbulkan risiko yang telah dibahas di atas. Cermat dalam memilih makanan akan mencegah risiko penyakit berbahaya. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment