Wednesday 13 May 2015

5 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Stress

Kecemasan, khawatir dan stres dapat memengaruhi metabolisme tubuh juga selera makan. Semua jenis makanan tiada terasa di lidah, ketika stres datang. Hanya makanan dengan rasa kuat yang disukai oleh seseorang yang sedang mengalami depresi. Makanan yang sangat manis atau asin menjadi favorit bagi mereka dengan suasana hati yang buruk. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita stres. Inilah 5 Jenis makanan yang sebaiknya dihindari ketika stress.

stress

5 Makanan Yang Harus Dihindari Ketika Stres


1. Donat

Kue yang menggoda lidah ini sulit dihindari, karena rasanya enak dan manis. Kenyataannya donat merupakan makanan yang dapat meningkatkan rasa cemas ketika stres. Komposisi bahan donat dapat memperlambat pencernaan. Selain itu, glukosa yang terdapat pada donat dapat meningkatkan hormon kortisol penyebab stres.

2. Keripik Kentang

Keripik kentang memang memiliki
rasa gurih yang membuat lidah menyukainya dan menyebabkan suasana hati menjadi lebih baik. Namun, ini tidak akan berlangsung lama. Keripik kentang mengnadung karbohidrat tinggi sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Lebih dari itu, lemak yang dikandung oleh keripik kentang sangat tidak baik bagi kesehatan.

3. Minuman Kopi

Kopi dapat memperbaiki suasana hati
bagi sebagian orang. Minuman yang mengandung kafein dianggap menjernihkan fikiran dan menurunkan depresi. Namun perlu menjadi perhatian anda, kopi murni dengan tambahan gula yang terlalu manis dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Minuman kopi mengandung kalori tidak sedikit, sebaiknya hindari kopi ketika fikiran mengalami stres.

4. Es Krim

Hampir semua orang menyukai es krim. Es krim dapat menimbulkan sensasi menenangkan dan menyegarkan bagi yang menikmatinya. Namun, glukosa dan lemak dalam kadar tinggi pada minuman es krim tidak baik bagi kesehatan seseorang yang sedang stress. Bagi beberapa orang yang sensitif, es krim bahkan dapat memperparah suasana hati dan meningkatkan kecemasan.

5. Makanan Berlemak

Hidangan seperti cemilan, keju dan mie instan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita stress. Rasa makanan ini memang nikmat, tapi makanan berlemak sangat buruk bagi tubuh Anda. Makanan berlemak tidak akan membuat anda menjadi lebih bahagia. Justru anda akan semakin stress, ketika menyadari berat badan naik setelahnya.

Demikian beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika stress. Lebih baik konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran untuk membuat lebih tenang dan fresh. Demikian pula melakukan olahraga atau berjalan di luar ruangan, agar suasana hati lebih baik dan badan lebih segar.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment