Monday 31 August 2015

Cara Mengolah Sarang Semut Menjadi Obat Herbal

Manfaat sarang semut tentunya telah populer dan hampir semua orang mengenalnya. Namun sedikit orang yang mengerti cara mengolah sarang semut. Untuk membuat sarang semut menjadi ramuan alami, tidaklah sulit seperti dugaan Anda. Bagi Anda yang merasa penasaran dengan proses pembuatan sarang semut, simak artikel ini dengan seksama.

Sarang semut ternyata memiliki flavonoid yang bersifat
antioksidan bagi tubuh manusia, sehingga efektif dalam melawan kerusakan sel-sel tubuh dan mencegah kanker. Di samping itu ada senyawa tanin, yaitu astrigen yang mampu mengikat dan melarutkan kelebihan protein di dalam tubuh.

sarang-semut

Nutrisi penting lainnya adalah polifenol,
313 ppm tokoferol, asam fenolik, alfa-tokoferol, kalsium, magnesium, dan fosfor. Nutrisi dan gizi yang ada pada sarang semut, sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit.

Cara Mengolah Sarang Semut Menjadi Obat Herbal


  • Pertama, sediakan 200gr sarang semut untuk direbus ke dalam 3 liter air hingga mendidih selama beberapa saat.
  • Angkat, biarkan airnya menjadi dingin kemudian saring.
  • Ramuan ini dapat dikonsumsi secara berturut-turut selama sebulan.
  • Untuk meracik sarang semut kering, dengan mematahkan menjadi beberapa bagian kecil kemudian dihaluskan ke dalam blender.
  • Simpan ramuan ini dalam sebuah wadah yang bersih.

Cara Pemakaian obat sarang semut


1. Untuk menggunakan sarang semut sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit, dosis yang dianjurkan adalah 3 Gelas per hari. Diminum setiap pagi, siang, dan malam.

2. Untuk Pengobatan terhadap penyakit tertentu. Obat alami ini dapat diminum sebanyak 3 sampai 8 Gelas setiap hari, masing-masing segelas.

Penting untuk diperhatikan bahwa ketika mengkonsumsi sarang semut harus disertai dengan sering minum air dan perbanyak makan bergizi. Hal ini bertujuan untuk membantu proses detoksifikasi, serta meningkatkan fungsi organ tubuh lainnya.

Dosis untuk anak-anak yang berumur di bawah 10 tahun adalah setengah dari takaran dewasa:

1. Untuk pengobatan: Air rebusan sarang semut dapat diminum secara rutin sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari sampai sembuh. Satu takaran hanya dapat digunakan untuk sekali penggunaan saja.

2. Untuk tindakan pencegahan: Ramuan boleh diminum dengan teratur sebanyak 1 hingga 2 kali per minggu, untuk menjaga kebugaran dan stamina tubuh.


Demikian
Cara Mengolah Sarang Semut Menjadi Obat Herbal. Simak juga: Ramuan Herbal Daun Sirsak Untuk Kecantikan! Semoga dengan tulisan ini dapat membantu Anda yang sedang mencari cara untuk mengolah sarang semut menjadi obat tradisional.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment