Monday 25 May 2015

7 Makanan Baik Untuk Kesehatan Perut

Kesehatan tubuh secara total sangat dipengaruhi oleh kondisi perut dan sistem pencernaan di dalam tubuh. Bagaimana pun, makanan yang dikonsumsi harus melalui saluran pencernaan dan diproses di dalam perut. Jadi, gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat harus diperhatikan, selain olahraga secara teratur tentunya.

Dengan konsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang dan melakukan olahraga teratur, berarti anda telah menjaga kesehatan tubuh secara garis besar. Kini banyak beredar berbagai makanan siap saji yang kurang menghiraukan nilai gizi, bahkan sebagian dari mereka adalah sangat berbahaya bagi tubuh kita. Bahkan belakangan ini muncul aneka makanan yang telah dicampur dengan bahan-bahan berbahaya, seperti bahan pengawet yang tidak seharusnya ditambahkan pada makanan. Simak artikel sebelumnya: 7 Makanan Pencegah Diabetes


yoghurt

Efek bahaya makanan dengan bahan pengawet dan penambah rasa mungkin kurang terasa saat ini. Dalam jangka panjang anda hanya bisa menyesal dan ingin mengulang waktu kecil, untuk menghindari makanan yang tidak sehat.

Terkait dengan kesehatan sistem pencernaan, ada beberapa makanan yang dapat menyehatkan sistem pencernaan juga perut. Berikut ini makanan sehat yang baik untuk perut anda:


7 Makanan Baik Untuk Kesehatan Perut


1. Protein non lemak

Protein telah lama dikenal sebagai asupan yang baik untuk membentuk otot-otot tubuh. Di samping manfaat itu, protein tanpa lemak juga efektif dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus. Salah satu sumber protein yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan di dalam tubuh adalah ikan. Atau jika anda kurang menyukainya, bisa memilih sumber protein lainnya yang berasal dari nabati.

2. Gandum

Mungkin makanan ini agak asing bagi kita, tapi faktanya gandum adalah salah satu makanan yang dapat menyehatkan usus. Gandum kaya akan nutrisi dan serat yang efektif dalam membersihkan usus. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menambahkan ke dalam menu harian anda.

3. Minuman Jahe

Konsumsi minuman jahe secara wajar dan tidak berlebihan, dapat menyehatkan saluran pencernaan. Selain itu, jahe berfungsi untuk membantu menjaga kadar keasaman di dalam perut. Jadi, sediakan selalu jahe di dapur anda. Sehingga anda dapat mengkonsumsi minuman jahe, ketika diperlukan.

4. Yoghurt

Sistem pencernaan sebagian orang sulit untuk mencerna minuman susu. Berbeda dengan yoghurt, selain mudah dicerna oleh semua sistem pencernaan juga memiliki bakteri sehat yang menyehatkan bagi pencernaan di dalam tubuh. Jadi bagi anda yang tidak terbiasa meminum susu, alternatif lainnya adalah dengan konsumsi minuman yoghurt.

5. Buah-buahan dan sayuran

Kedua jenis makanan ini sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar daripada meminumnya sebagai jus, cara ini lebih menyehatkan tubuh. Dalam keadaan segar, nutrisi yang terdapat  di dalam buah dan sayur masih utuh. Serat yang dikandungnya juga dapat menenangkan usus.

6. Air kelapa

Tidak hanya sebagai minuman segar, air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk bagi kesehatan perut. Minuman ini dapat menenangkan saluran pencernaan di dalam tubuh anda. Selain itu, air kelapa juga berkhasiat untuk mendukung kinerja usus sehingga berfungsi lebih baik.

7. Minum cukup air

Memenuhi asupan cairan harian sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan di dalam tubuh anda. Minum air sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu membuang racun dari sistem pencernaan, sehingga kesehatan pencernaan akan terjaga.

Kesehatan pencernaan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. Konsumsi beberapa jenis makanan di atas harus disertai dengan pola makan yang benar, gaya hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment